Sunday 6 April 2014

NIHONFEST 2014 at Universitas Indonesia

Mimin mau report tentang NIHONFEST 2014 yang diadakan di Universitas Indonesia pada hari Rabu, 19 Maret 2014-Jum'at, 21 Maret 2014 . Acara Nihon Fest ini adalah acara Road to Gelar Jepang UI 20 yang selalu diadakan tiap tahun oleh Universitas Indonesia. (info acara GJ UI 20 dapat kalian pantau di @gelarjepangUI).
Kembali ke NIHONFEST, di acara tersebut diadakan berbagai macam lomba, mulai dari kategori SMA sampai Kategori Umum. Untuk kategori SMA, ada lomba Pidato Bahasa Jepang, Lomba Cerdas Cermat seputar Jepang, dan Mading 3D bertema Jepang. Untuk kategori umum, ada lomba makan Onigiri dan lomba Karaoke. Beberapa perwakilan Smavo Japan Club mengikuti ketiga lomba kategori SMA tersebut. Seperti apa sih suasana lombanya? Langsung liat aja nih foto-fotonya!

Lomba Cerdas Cermat Babak Penyisihan 1



Lomba Cerdas Cermat Babak Penyisihan 2

Lomba Cerdas Cermat Babak Semi Final 1


Lomba Cerdas Cermat Babak Semi Final 2

Ayu sedang mengerjakan proses pembuatan Mading 3D

Qiqi sedang mengerjakan proses pembuatan Mading 3D

Kokoru buatan Nazhira, sayangnya Nazhira tidak ikut saat pengumpulan Mading 3D.


Mading SMAN 2 Cibinong







Sebelumnya, pada hari Jum'at tanggal 14 Februari 2014, 2 orang perwakilan SJC datang ke UI untuk mengikuti Technical Meeting lomba NIHONFEST sekalian melakukan pendaftara lomba. Karena pada saat itu sedang minggu UTS, jadi perwakilan SJC berangkat Technical Meeting seusai UTS (kebetulan Technical Meeting-nya jam 2 siang, jadi kami datang tepat waktu). Untungnya, hari dilaksanakannya lomba bertepatan dengan US kelas 12, jadi kelas 10 dan 11 diliburkan.
Kami mengikuti 3 lomba. Lomba Pidato Bahasa Jepang diikuti oleh Dina Hanifah dari kelas XI IPA 5, Lomba Pidato dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2014. Pidato harus menggunakan Bahasa Jepang, dan temanya adalah Impian Ketika Menjadi Dewasa yang berdurasi 7-10 menit. Untuk teks pidatonya ditranslate oleh Hani dan dibantu oleh sensei kami juga. Ketika Pidato diperbolehkan membawa teks, namun akan mengurangi poin penilaian. Akhirnya Hani berpidato tanpa teks dengan cara menghafal dan sedikit improvisasi. Oh iya, saat Pidato tidak sempat didokumentasikan karena yang mendokumentasi sedang sibuk menyelesaikan mading :(.
Lomba Cerdas Cermat diikuti oleh 3 orang, dan semuanya berasal dari kelas 10. Mereka adalah Gilang Putra Bahari dari kelas X MIIA 6, Hikaru M. Hanif dari X MIIA 6, dan M. Dhika Pratama dari X MIIA 4. Sesama anggota team menguasai materi berbeda, Gilang menguasai materi Kanji, Dhika menguasai materi Sejarah Jepang dan Pengetahuan Umum Jepang, sementara Hikaru mengusai materi Budaya dan Sejarah Jepang.Sebagian besar materi kami dapatkan di Internet. Babak penyisihan dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Maret 2014, ada 4 babak. Alhamdulillah team Cerdas Cermat SJC yang mengikuti babak kedua penyisihan berhasil lolos ke babak Semi Final. Babak Semi Final diadakan keesokan harinya, yaitu 20 Maret 2014. Di babak Semi Final materi ditambah, yaitu Maskot Jepang dan Menulis Kanji. Kami mengikuti Babak 1 Semi Final melawan SMA 1 Depok. Namun sayangnya kami kalah dengan skor 50-80. Karena skor kami lebih besar dibanding SMA yang gugur di Babak 2 Semi Final, maka kami mendapatkan juara 3.
Lomba Mading 3D diikuti oleh 3 orang yang semuanya berasal dari kelas 11, yaitu Alifia Dhiaulhaqiqi dari kelas XI IPA 5, Ayulia Nur Rachmawati dari kelas XI IPA 3, dan Nazhira Firda Yulia dari kelas XI IPA 3. Mading bertema Seijin Shiki atau Upacara Kedewasaan di Jepang, ukuran mading maksimal 1x1 meter dan tinggi 50cm. Satu hari dipakai untuk menentukan konsep dan bahan-bahan yang dipakai, sementara proses pembuatan mading hanya 2 hari. Pembuatan mading dilaksanakan di rumah, dan dikumpulkan pada hari Rabu 19 Maret 2014. Tim Mading 3D SJC memilih Shibuya untuk menjadi latar mading karena Shibuya adalah tempat dilaksanakannya Seijin Shiki yang terbesar dan paling terkenal. Dan Tim Mading SJC mengambil spot di sekitar toko Shibuya 109, karena Shibuya 109 seperti sudah menjadi ikon dari Shibuya sendiri (mungkin :p).
Lalu bagaimana hasilnya? Pemenangnya? Tanpa disangka, kita mendapatkan masing-masing 1 juara di setiap lomba! Alhamdulillah banget! XD

Juara 3 Lomba Cerdas Cermat
- Gilang Putra Bahari - X MIIA 6
- Hikaru M. Hanif - X MIIA 6
- M. Dhika Pratama - X MIIA 4

Juara 2 Lomba Mading 3D
- Alifia Dhiaulhaqiqi - XI IPA 5
- Ayulia Nur Rachmawati - XI IPA 3
- Nazhira Firda Yulia - XI IPA 3

Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Jepang
- Dina Hanifah - XI IPA 5

Serius? Mana buktinya?? Kalo gak percaya, langsung aja deh liat foto-foto serah terima piala ini :D

Serah terima piala juara 3 Lomba Cerdas Cermat, diwakili oleh Hikaru.

Juara Lomba Cerdas Cermat.

Juara Lomba Mading 3D.

Serah terima piala juara 1 Lomba Pidato Bahasa Jepang.


Piala, sertifikat, dan hadiah.

Sebenarnya kami tidak memberitahu para anggota SJC lain kalau Mading 3D dan Pidato Bahasa Jepang mendapatkan juara juga, bahkan sampai postingan ini dipost disini pun sebagian besar dari mereka tidak tahu kalau kita mendapatkan 3 juara, mereka hanya tau kalau kita hanya mendapat juara 3 Lomba Cerdas Cermat hehehe XD.
Oh iya, di acara NIHONFEST 2014 lalu gak cuman lomba doang loh. Ada stand makanan, stand pernak-pernik Jepang, Obakeyashiki (rumah hantu), dan Tanzaku (menulis diatas kertas kecil lalu digantungkan di pohon bambu).
Selamat kepada teman-teman yang berhasil mendapatkan juara! Semoga kita dapat mengikuti lomba lain dan dapat mengharumkan nama sekolah. Terimakasih juga untuk doa teman-teman dan juga beberapa anggota SJC yang bersedia menjadi supporter tanpa bayaran untuk mendukung lomba Cerdas Cermat. Semoga teman-teman anggota SJC lainnya dapat berpartisipasi dalam lomba-lomba selanjutnya ya!

BONUS

Beberapa anggota SJC dengan 2 hantu Obakeyashiki XD.


Photo by:
- Andito Tatas W.
- Alifia Dhiaulhaqiqi

2 comments:

  1. Iya gak apa-apa kok. Bisa dibilang kita supporter paling rame walaupun cuma sedikit XD. Next competition datang dan dukung kita ya! :D

    ReplyDelete